Kamis, 02 Agustus 2012

Yii Framework

Hadoh bingung mau jelasin apa,,  ok deh seadanya aja ya..
Framework :Bisa diartikan kerangka kerja. Kalau kita sambunkan dengan php, brarti framework merupakan kerangka dasar dari sebuah program web dimana kita tinggal mengolahnya saja sesuai kebutuhan. So,, gak perlu repot bikin program dari awal. lebih efisien kan..

Nah sedangkan Yii  (singkatan dari Yes, it is) merupakan salah satu Framework PHP  yang murni mengimplementasikan konsep MVC (Model View Controller). #hadoh apa lagi tu...

Layaknya framework yang lain, yii memberikan kita sebuah kerangka program mentah lengkap dengan tampilan dan beberapa fitur tambahan. jadi sekali kita install Yii, kita langsung disajikan dengan web yang sudah jadi lengkap dengan menu dan pageNya. #menarik bukan..
jadi tinggal kita lanjutkan saja, mau ditambah menunya, dipercantik desainya, ditambah fiturnya. pokoknya lengkap dah, tinggal enak tok..

Hebatnya lagi ada fitur bernama Gii dimana dengan fitur ini kita bisa membuat operasi insert, update, delete dalam hitungan detik. Hal ini dikarenakan kita tinggal memasukkan nama tabel yang kita punya setelah itu digenerate. Dari proses generate, kita dibuatkan form input, update, delete sekaligus proses queryNya,, jadi gak perlu lagi coding dari awal.

makin penasaran,, ??
tunggu posting berikutnya ya,, akan saya jelaskan cara instalasi Yii dan penggunaan fitur Gii.
bahasa gampangnya : "membuat website dalam hitungan menit"

kalo ada pertanyaan atau kritik mohon kirim komentar,, saya juga masih belajar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes